Hari ini saya pengen bahas sedikit tentang marketplace, tapi fokusnya kali ini di shopee. Buat kamu yang masih awam banget dalam berjualan di shopee, tulisan ini mungkin bisa membantu mu memberikan insight agar tidak salah memulai.
Pertama – tama, saya pengen bahas terlebih dahulu kenapa harus shopee?
Dari pengalaman saya berjualan di shopee dan tokopedia, marketplace shopee memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dibandingkan tokopedia. Pengguna shopee bisa menjangkau sampai ke daerah – daerah yang jauh sekalipun.
Untuk itulah kenapa saya pribadi lebih merekomendasikan temen – temen untuk berjualan di shopee. Disini saya anggap temen – temen sudah pandai ya dalam membuat produk di shopee. Karena saya tidak mengajarkan kali langkah – langkah tersebut.
Oke, kita langsung bahas ke topicnya. Gimana sih cara menyusun judul produk di shopee, agar judulnya bisa tersusun dengan rapi dan bisa teroptimasi di mesin pencarian shopee.
Ada beberapa langkah dan larangan dalam membuat judul di shopee dan hari ini akan kita bahas secara detail. Sebelum kita bahas hal tersebut, ada baiknya kita mengenal apa itu short keyword dan long keyword
Short keyword adalah keyword singkat. Misalnya kaos polos pria. Jika kamu buat ini menjadi judul di shopee, maka ada beberapa kemungkinan produk mu bisa muncul di pencarian shopee.
Misalnya,
Ada orang yang mengetikkan kaos polos pria, kaos polos, kaos pria, polos pria. Jadi ada 4 kemungkinan, produk mu akan muncul di pencarian shopee. Sebaliknya, jika kamu membuat long keyword, maka peluang produk mu keluar lebih banyak
Misalnya contoh, kaos tshirt pria polos laki laki pendek unisex. Maka ada banyak sekali peluang kemungkinan produk mu muncul di pencarian shopee. Sampai sini paham yaahh konsep dasar nya.
Jadi saya harus gunakan short keyword atau long keyword? Menurut saya pribadi tergantung produk apa yang mau kamu jual. Kalau produk mu itu fokusnya di brand, maka gunakan short keyword agar terlihat lebih rapi.
Kalau yang kamu jual bukan produk brand, maka saya lebih merekomendasikan long keyword.
Tapi itu pun hanya rekomendasi dari saya, mana yang terbaik untuk produk mu, kamu bisa testing langsung. Oke, sekarang kita lanjut bahas tentang larangan apa – apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam membuat judul di shopee.
LARANGAN DALAM MEMBUAT JUDUL DI SHOPEE
1. Dilarang Melakukan Spam Keyword
Spam keyword sangat berbahaya ketika kamu buat judul di shopee. Apa itu spam keyword? Contohnya kayak gini. Kamu buat judulnya seperti ini “Kaos Polos Pria, Kaos Polos Anak, Kaos Polos Dewasa”. Penggunaan kata kaos polos yang berulang itu disebut spam.
Karena shopee hanya akan membaca sekali kata kaos polos. Daripada dibuat seperti itu, mending singkat menjadi seperti ini “Kaos polos pria dewasa anak”
Paham yah?
2. Jangan Menggunakan Emoticon Dan Tanda Baca
Penggunaan emoticon seperti emote atau tanda baca sepeti , ; ” @ ! [ ] * # % $, dan sejenisnya ini juga tidak boleh dilakukan dalam membuat judul di shopee. Misalnya kayak gini [PERTAMA DI INDONESIA] Kaos Polos Katun Bambu. Kalimat [PERTAMA DI INDONESIA], ini tidak begitu penting. penggunaan tanda baca disitu, tidak akan berpengaruh dalam pencarian shopee.
Berarti gak boleh sama sekali? Boleh, tapi produk mu akan sangat sulit untuk teroptimasi secara organik. Mungkin lain hal jika kamu menggunakan iklan berbayar di shopee. Nanti akan saya bahas masalah ini di lain kesempatan.
Sekarang, kita akan bahas langkah – langkah apa saja untuk membuat judul produk mu di shopee bisa teroptimasi dengan baik. Udah siap? Catat hal yang perlu, kemudian praktek langsung.
CARA MEMBUAT JUDUL PRODUK DI SHOPEE YANG DISUKAI ALGORITMA
Pastikan sebelum kamu ikutin langkah demi langkah, kamu harus buka ini dari tampilan desktop komputer ataupun laptop. Karena ini akan memudahkan kamu untuk mengikutin langkah – langkahnya.
Udah siap yah?
Langkah pertama, log in disini seller.shopee.co.id
Langkah kedua, pilih menu iklan shopeee yang ada di sudut kiri tengah
Langkah ketiga, klik “BUAT IKLAN BARU”, lalu pilih “IKLAN PENCARIAN”
Langkah keempat, kamu hiraukan terlebih dahulu detail yang di bagian atas. Karena kamu disini belum fokus iklan. Coba cek di bagian pengaturan produk.
Masukkan produk apa saja yang relate dengan yang akan kamu jual nantinya. Kemudian klik Tambah rekomendasi Kata Pencarian. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Hiraukan aja yang bagian bawah. Kamu lanjut aja klik Tambah Kata Pencarian. Maka berikutnya tampilannya akan seperti ini.
Oke, saya jelasin sedikit.
- Kata pencarian adalah keyword yang akan dibidik. Fungsinya untuk iklan, tapi kita belum belajar sampai sini.
- Kualitas pencarian adalah seberapa relevan produk mu dengan keyword yang akan kamu target kan
- Volume pencarian adalah seberapa banyak orang yang mengetik keyword tersebut dalam 30 hari terakhir
- Harga rekomendasi adalah harga per keyword yang direkomendasikan shopee. Ini juga dalam iklan
Disini kita hanya fokus di volume pencarian. Oke mari kita bahas lebih lanjut cara membuat judul di shopee
Pertama adalah tau dulu produk yang akan dijual. Misalnya nih saya jualan kaos. Nah, kaos ini punya sebutan lain gak? Misalnya kaos, baju, tshirt, t-shirt. Oh yaa, di dalam membuat judul shopee tshirt dan t-shirt adalah 2 keyword yang berbeda yah.
Pastikan kamu search di kolom pencarian terlebih dahulu. Berikut cara search nya..
Berikut hasil pencarian tshirt dalam 1 bulan yaitu 43.993. Artinya ada 40rb orang lebih dalam 1 bulan yang mengetik keyword tshirt. Sekarang mari kita bandingkan dengan “t-shirt”
Pada kata t-shirt pencarian nya menjad 34.393. Artinya ada 34rb orang lebih yang mengetik kata t-shirt. Artinya apa? t-shirt dan tshirt bisa dimasukkan ke dalam keyword nya kita di dalam judul.
Jadi sekarang kita sudah punya 4 single keyword utama. yaitu, kaos, baju, tshirt, t-shirt. Jadi cara menyusun di awal judulnya bisa seperti ini “Kaos baju tshirt t-shirt”. Biasanya saya menggunakan excel agar mengetahui kemungkinan besar jumlah pencarian yang keluar dalam 1 bulan. Hasilnya kayak gini
Tips 1 : Fokus dulu ke single keyword atau sebutan kata lain untuk produk kamu. Disini contohnya tadi kaos. Bisa disebut menjadi kaos, baju, tshirt, t-shirt. Kalau di produk mu tidak punya sebutan kata lain, yaudah gapapa. Gak harus dipaksain juga. Tapi harus dicari di kolom pencarian keyword di shopee dulu
Lanjut ke tips berikutnya. Langkah kedua adalah kita cara turunan yang 2 kata. Misalnya saya kan disini jual kaos polos. Nah kaos polos ini biasa disebut apa aja? Bisa disebut kaos polos, bisa juga disebuat kaos oblong. Bener yah?
Berarti setelah 4 keyword tadi, kita bisa tambahin 2 kata lagi yaitu “Polos dan Oblong”. Maka akan terbentuk varian kata kunci yang lebih banyak lagi. Bisa jadi kaos polos, kaos oblong, baju polos, baju oblong, tshirt polos, t-shirt oblong.
Maka kalau kita buat ke ms excel, hasilnya akan seperti ini
Kok ada 0 yah bang? Gapapa biarin aja. Artinya gak ada orang mengetikkan keyword tersebut. Sekarang kemungkinan produk kita keluar di pencarian shopee dengan varian kata kunci yang berbeda – beda punya peluang lebih banyak.
Tips 2 : Tambahan kata kunci yang relate dengan kata kunci utamanya. Misalnya gak ada yang cocok, yaudah gapapa. Jangan dipaksain tambahin. Kamu bisa lanjut ke tips ketiga.
Tips 3 : Kamu bisa menambahkan jenis kelamin pemakai nya. Tapi ini hanya berlaku untuk produk – produk yang emang bisa relate. Misalnya skincare pria, skincare cowok, skincare wanita, gamis wanita, gamis cewek, dst..
Nah di tips berikutnya ini adalah kamu bisa menambahkan beberapa varian dari sebutan jenis kelamin. Misalnya nih, cowok. Cowok itu biasa disebut apa aja? Cowok, cowo, pria, laki laki. Bener yah?
Nah ini bisa kamu tambahin langsung ke dalam judul. Jadi hasil judulnya bisa kayak gini “Baju kaos tshirt t-shirt polos oblong pria laki laki cowok cowo”. Jadi akan semakin banyak peluang kata kunci yang bisa diketikkan. Bisa baju polos pria, baju oblong cowok, tshirt polos laki laki.
Atau bisa juga ditambahin lagi dengan dewasa atau anak. Maka varian nya kata kuncinya akan semakin luas lagi. Tapi ingat, kata kuncinya harus dicari di pencarian kolom keyword di awal. Jadi jangan pakai asumsi, harus pakai data nya. Dan itupun masih bisa dikombinasikan lagi dengan bahan yang gunakan misalnya
Atau bisa juga apakah kaosnya lengan pendek atau lengan panjang. Atau model kerahnya, kerah bulat, turtleneck, v-neck, dan lain hal.
Kenapa harus sebanyak mungkin? Ya karena kita gak tau customer itu ngetik apa di kolom pencarian shopee. Jadi kita harus buat peluang sebanyak mungkin produk kita keluar di kata kunci tertentu.
Tapi judulnya jadi kelihatan jelek dong bang? Ya gapapa, gak masalah. Toh kan orang bukan beli judul mu, tapi beli produkmu. Yang terpenting produk mu bisa keluar di pencarian.
Kecuali kamu mau buat untuk brand dan emang butuh kerapian saat orang lihat, ya silahkan aja. Karena short keyword dan long keyword sama sama punya kelebihan dan kekurangannya.
Gimana kalau saya udah terlanjur buat judul, apa saya harus ganti? Kalau ulasan dalam produk mu belum melebih 30, kamu boleh ganti. Kalau sudah lebih, kami sarankan untuk tidak mengganti.
Artinya produk itu sudah teroptimasi dengan baik, walaupun mungkin produk itu menggunakan tanda baca ataupun short keyword. Produk yang sudah punya ulasan yang lebih dari 30 biasanya sudah teroptimasi dengan baik di mesin pencarian. Jika kamu ganti, maka kamu harus ulang mengoptimasi produk tersebut.
Saran saya jangan. Karena saya setelah mengetahui trik ini pun, saya tidak mengganti produk saya yang sudah punya 500 ulasan lebih. Contohnya produk ini
Contohnya kayak gini. Kalau ngikutin larangan dan langkah yang saya buat tentunya ini bakalan bertentangan. Tapi, karena produk ini sudah terlanjur ramai pembeli dan kalau di hapus ditakutkan akan kehilangan traffik organik, maka saya tidak menghapusnya.
Dan yaa sampai sekarang tetap berjalan dengan baik. Karena saya optimasinya tidak hanya dari organik, tapi juga melalui iklan di shopee. Tapi untuk organik saja, jika kamu lakukan dengan benar itu tetap bisa mendatangkan pembeli.
Pertanyaan yang biasa ditanyakan juga “Bisa gak bang, 1 judul untuk semua produk?”. Saran saya jangan. Karena shopee akan menganggap toko mu sebagai spam. Dan produk mu bisa saja di hapus sepihak oleh shopee.
Jadi gimana untuk solusinya? Kamu tinggal ubah saja tata letak katanya. Misalnya “Kaos baju polos pria”. Produk berikutnya kamu bisa aja buat jadi “Baju kaos pria polos” atau “Baju kaos polos pria”. Yang penting jangan sama persis.
Ingat aja ya konsepnya, keyword itu dibaca dari kiri ke kanan.
Saya rasa tulisan ini sudah cukup lengkap untuk kamu jadikan panduan dalam membuat judul yang bisa teroptimasi dengan baik di shopee. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan ke temen – temen kamu yang mungkin membutuhkan panduan ini
Terima kasih dan sampai ketemu di tulisan selanjutnya